Dikirim oleh : Ve
Pada : 07-12-2017

Pertanyaan:
Disini saya akan menceritakan tentang masalah saya.
Saya sebelumnya memang anak yang pendiam sampai sekarang. Namun akhir2 ini saya merasakan pada diri saya ada beban, cemas, takut. Saya terlalu malu untuk buka mulut di forum diskusi, akibatnya saya apabila ada tugas kelompok selalu menjadi 'anak bawang', padahal ada yg ingin saya sampaikan tapi saya terlalu malu untuk bicara. Kemudian mood saya bisa berubah drastis dalam jangka waktu yg sangat cepat. Di kelas, saya berasa tertekan karena ada beberapa anak yang istilahnya 'mengganggu', karena saya nggak berani ngomong yaudah saya diemin aja tapi tetep diulang2i.
Sekian cerita saya yang maaf urutannya tdk jelas dan itu benar2 saya alami dan apakah itu normal? Terimakasih atas waktunya.

Ve


Jawaban:
Dear Ve,

Pemalu adalah sifat yang umum. Normal jika kamu pemalu, namun apabila sifat tersebut malah menghambat kamu untuk berprestasi bahkan sampai tertekan bila diganggu teman-teman maka perlu diubah. Bisa jadi mereka bersikap demikian karena merasa bahwa kamu tidak apa-apa bila diganggu atau bisa jadi malah mereka ingin berteman dengau walau dengan cara yang salah.
Sikap seseorang yang pemalu selalu memiliki alasan, bisa jadi kamu takut bahwa penjelasan kamu malah dianggap tidak berbobot atau tingkah lakumu membuat orang lain malah mencibir. Buang jauh-jauh akan penilaian orang terhadap kita, jangan jadikan komentar negatif mereka penghalang kesuksesan kita.

Buanglah sikap pemalu, sedikit demi sedikit harus kamu ubah. Percaya atau tidak, cantik merupakan salah satu faktor yang mendukung kamu untuk percaya diri. Cara menjadi cantik itu mudah. Mulai dari hal yang sederhana yaitu bersikap ramah dan murah senyum terhadap semua orang, orang-orang akan mulai menyadari bahwa kamu perempuan yang lembut. Merekapun sedikit demi sedikit akan berubah dan menyadari betapa kamu murah senyum dan terlihat cantik. Kemudian ubahlah pikiranmu untuk selalu positif thinking dengan cara mensyukuri apapun yang kamu punya.

Jika mereka masih mengganggumu, katakanlah baik kepada salah satu dari mereka alasan mereka mengganggu kamu, karena selalu ada alasan mereka seperti itu. Jika memang dirasa tidak bisa diterima maka jauhilah mereka yang mengganggumu tetapi tetap tersenyum dan ramah. Alihkan perhatianmu ke buku bacaan atau menggambar.

Semangat ya.

Konsultan : Nadya

Kirim ke: